5 Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Puasa

 

5 Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Puasa

Buah yang satu ini akan hits menjelang bulan ramadan. Sebelum bulan puasa, kalau ke supermarket sudah ada kurma dipajang, menjadi tanda bahwa bulan ramadan sebentar lagi. Kurma yang dijual pun punya berbagai macam merk dan jenisnya.

Aku sendiri, tidak pernah mempertimbangkan merknya, kalau beli pasti pilih yang paling terjangkau. Karena mikirnya untuk melengkapi ibadah puasa. Kurma memang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa oleh Rasulullah.

Dulu, sebelum terbiasa makan kurma, jujur aku sering ogah-ogahan makannya. Karena pada dasarnya aku memang tidak suka makanan yang manis-manis. Namun, begitu mengetahui segudang manfaat kurma akhirnya aku tidak pernah melewatkan konsumsi kurma. Baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Berikut ini adalah 5 manfaat mengonsumsi kurma saat puasa yang berdasarkan pengalaman pribadiku.

1. Badan Jadi Tidak Lemas

Buah kurma mengandung karbohidrat dan kalori, sehingga dapat menambah energi di dalam tubuh kita. Wajar jika kita tidak lemas karena dengan buah sekecil itu kita telah memasukkan kebutuhan karbohidrat dan kalori yang cukup.

Inilah yang aku suka dari kurma, seperti makanan ajaib yang membantu kita mempertahankan nutrisi selama puasa. Makanya, kadang saat sahur harus makan kurma minimal satu buah. Karena, memang manfaatnya benar-benar aku rasakan.

2. Mencegah Dehidrasi

Konon buah kurma juga mengandung air yang cukup sehingga dapat mencegah dehidrasi saat puasa. namun, tentu saja kita harus mengimbanginya dengan minum air putih yang cukup.

3. Melancarkan Pencernaan

Kandung selanjurnya dari buah kurma adalah serat. Seperti yang kita ketahui bahwa serat dapat membantu kita melancarkan pencernaan. Saat puasa tentu saja kita harus menjaga metabolisme tetap teratur. Supaya tidak terjadi sembelit atau bahkan diare yang akan membuat kita kekurangan energi saat puasa.

4. Mencegah Anemia

Aku sering sekali mengalami anemia bahkan kalau sedang tidak puasa. Makanya aku rutin minum tablet penambah darah. Tapi saat puasa kurma juga dapat membantu mengurangi anemia. Jadi, emang banyak banget manfaat mengonsumsi kurma saat puasa ini. Terutama menjaga tubuh agar tetap segar dan bisa beraktivitas seperti biasa.

5. Mengandung Glukosa untuk Menggantikan Gula Pasir

Aku sudah sebutkan di awal, bahwa kurma itu rasanya manis sekali. Bahkan mungkin lebih manis dari gula pasir. Nah, kandungan glukosa di dalam kurma juga dapat menggantikan gula pasir, supaya kita dapat glukosa yang lebih sehat. Apalagi untuk orang-orang yang punya masalah dengan gula darah. Mungkin, kurma dapat menjadi alternatif yang tepat.

Demikianlah informasi tentang sederet manfaat mengonsumsi kurma saat puasa. Semuanya berdasarkan pengalaman dan sependek pengetahuan aku. Barangkali ada yang kurang tepat karena aku bukan orang kesehatan. Informasi di atas merupakan pengalaman yang ingin aku bagi kepada kalian. Karena itulah yang aku rasakan kalau mengonsumsi kurma saat puasa. 

Kalau kamu punya manfaat lain saat mengonsumsi kurma, jangan sungkan-sungkan untuk share di kolom komentar yaa..

 

0 Response to "5 Manfaat Mengonsumsi Kurma Saat Puasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel