Review Buku Kobuki (Korea Buikin keki)



Ketika membeli buku ini dalam hati bertanya “Seperti apa ya isinya.” Meski Aku tahu buku ini akan bercerita tentang Korea aku takut akan kecewa dengan isinya hehe. 


Apalagi penulisnya belum ku kenal lebih dahulu. Tapi akhirnya aku memutuskan untuk membeli dan menghabiskan seeluruh cerita dalam buku ini dibalut tawa dan kekaguman.

Penulis saat menulis buku ini sudah menjadi bapak 3 anak, tapi sajian ceritanya masih seru aku baca sebagai anak-anak usia belasan. Buku setebal 290 halaman ini bercerita tentang sebuah keluarga yang tinggal di Korea. 


Aku yang sebelumnya menyukai Korea tentu sangat exited membaca buku ini. Di dalamnya ada fakta-fakta tentang korea, mulai dari budaya, kebiasaan, dan tempat-tempat indah di Korea.


Sekilas gaya bercerita Pak Soni Marti Lova ini mirip Raditya Dika, penuh banyolan. Membaca buku ini setidaknya Aku bangga dengan Indonesia, sehingga kelak tidak malu memperkenalkan Indonesia dengan beragam budaya pada dunia luar.


Kisah-kisah yang disuguhkan merupakan pengalaman pribadi tinggal sebagai kaum minoritas di belahan dunia lain. Tapi hal itu justru menjelaskan bahwa menjadi kaum minoritas tidak selalu “nggak enak” kalau kita menikmati, karena banyak pengalaman baru yang kita temui. Artinya menjadi minoritas bukanlah sebuah momok yang mesti kita takutkan.


 Meskipun ada beberapa kisah yang menceritakan bagaimana penulis sebal dengan karakter orang-orang Korea. Tapi ku rasa itu hanya subjektivitas atau wujud adaptasi penulis ketika berada di tempat yang baru. 


Diakhir tulisan penulis memberikan banyak sekali informasi all about korea. Bagaimana kesopanan orang Korea yang harus kita contoh, semisal gaya bahasa yang digunakan untuk orang yang lebih tua atau sebaya, juga perlakuan membungkukkan badan ketika bertemu dengan orang yang dihormati.


Yang paling unik dari fakta negara korea adalah kewajiban militer bagi kaum laki-laki. Kebayang kan? Meski orang korea banyak yang oplas tapi ada wajib militer lo, jadi tetap jantan lah ya.. (eeh kok malah promosi).

Ada juga info yang membuatku iri yaitu perlakuan khusus bagi aparat pemerintah atau militer dalam layanan fasilitas umum dan pendidikan dengan harga yang lebih murah dari orang yang bukan aparat. Itu semua demi menjamin kesejahteraan pegawai dan keluarganya sehingga tidak berpotensi untuk korupsi. Kereeen.


Selain itu masih banyak banget info-info seputar Korea yang sangat menarik seperti tempat-tempat kuliah yang ciamik di Korea, wisata keren di Korea, tempat belanja di Korea khusus warga Indonesia dan masih banyak lagi. Recommeded buat orang-orang yang mau tinggal di Korea biar tahu seluk beluk Korea sebelum benar-benar tinggal di sana.


Judul Buku   : Kobuki (Korea Buikin keki)

Penulis          : Soni Marti Lova
Tahun Terbit : 2012
Penerbit        : Elex media Komputindo
Peresume      : Ririn Erviana

0 Response to "Review Buku Kobuki (Korea Buikin keki)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel